.

..

Tuesday, December 29, 2009

Dakwah Kampus

Pengertian DakwahSecara etimologi, kata dakwah sebagai bentuk mashdar dari kata da’a (fi’il madhi) dan yad’u (fi’il mudhari’) yang artinya memanggil (to call), mengundang ( to invite), dll. (Warson Munawir, 1994 : 439). Dakwah dalam pengertian ini dapat dijumpai dalam Al Qur’an yaitu pada surat Yusuf : 33 dan Surat Yunus : 25.
Dalam Al Qur’an, dakwah dalam arti mengajak ditemukan sebanyak 46 kali, 39 kali dalam arti mengajak kepada Isalam dan kebaikan, 7 kali ditemukan dalam makna mengajak kepada neraka dan kejahatan.


Beberapa dari ayat tersebut adalah:
1. Mengajak manusia kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran ( QS. Ali Imran : 104)
2. Mengajak manusia kepada jalan Allah (QS an-Nahl : 125)
3. Mengajak manusia kepada agama Islam (QS as-Shaf : 7)
4. Mengaak manusia kepada jalan yang lurus (QS al-Mukminun : 73)
5. Memutuskan perkara dalam kehidupan umat manusia, kitabullah dan sunnaturrasul (QS an-Nur : 48 dan 51, serta QS Ali Imran : 23)
6. Menggajak ke surga (QS al-Baqarah : 122)

Definisi dakwah di dalam Islam adalah sebagai kegiatan “mengajak, mendorong dan memotivasi orang lain berdasarkan bashirah untuk meniti jalan Allah dan istiqomah di jalanNya serta berjuang bersama meninggikan agama-Nya. Kata mengajak, memotivasi, dan mendorong adalah kegiatan dakwah dalam ruang lingkup tabligh. Kata bashirah untuk menunjukkan dakwah itu harus dengan ilmu dan perencanaan yang baik. Kalimat meniti jalan Allah untuk menunjukkan tujuan dakwah yaitu mardhatillah (keridhoan Allah). Kalimat istiqamah di jalan-Nya untuk menunjukkan dakwah itu harus berkesinambungan. Sedangkan kalimat berjuang bersama meninggikan agama Allah untuk menunjukkan dakwah bukan untuk menciptakan kesalehan pribadi. Untuk mewujudkan masyarakat yang saleh tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tetapi harus bersama-sama. (Muhammad Ali Aziz, 2004: 4).

Definisi di atas mencakup pengertian-pengertian sebagai berikut:
1. Dakwah adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang bersifat menyeru atau mengajak kepada orang lain untuk mengamalkan ajaran Islam.
2. Dakwah adalah suatu proses penyampaian ajaran Islam yang dilakukan secara sadar dan sengaja.
3. Dakwah adalah suatu aktivitas yang pelaksanaannya bisa dilakukan dengan berbagai cara atau metode.
4. Dakwah adalah kegiatan yang direncanakan dengan tujuan mencari kebahagiaan hidup dunia dan akhirat dengan dasar keridhaan Allah.
5. Dakwah adalah usaha peningkatan pemahaman keagamaan yang mengubah pandangan hidup, sikap batin dan prilaku umat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam menjadi sesuai dengan tuntunan syari’at untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Pengertian Kampus
Kampus, berasal dari bahasa Latin; campus yang berarti "lapangan luas", "tegal". Dalam pengertian modern, kampus berarti, sebuah kompleks atau daerah tertutup yang merupakan kumpulan gedung-gedung universitas atau perguruan tinggi. Bisa pula berarti sebuah cabang daripada universitas sendiri. Misalkan Universitas Indonesia di Jakarta, yang memiliki 'kampus Salemba' dan 'kampus Depok', atau Universitas Bunda Mulia memiliki 'kampus Lodan'.

Di Inggris dan banyak negara jajahannya seperti Amerika Serikat dan lain-lain, sebuah kampus terdiri dari universitas atau sekolah dengan asrama atau tempat kos atau pondok para mahasiswa. Di sana sebuah gedung sekolah berada di kompleks yang sama dengan gedung penginapan. Di Indonesia hal-hal seperti ini kadang-kadang ada pula, terutama di tempat akademi militer.

Pengertian Dakwah Kampus
Dari Pengertian tentang dakwah dan kampus di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Dakwah Kampus adalah kegiatan yang melibatkan seluruh civitas akademika sebagai subjek maupun objek dakwahnya.

Tapi yang perlu juga diingat adalah bahwa walaupun pada awalnya kegiatan dakwah kampus memiliki lingkup yang sebatas areal kampus atau jaringan kampus tertentu, namun efek dan implikasinya bisa menembus ke luar kampus. Artinya, kiprah dakwah kampus juga bisa memiliki sasaran komunitas di luar civitas akademika.

Dakwah kampus harus bersifat intelektual. Artinya, harus menonjol aspek argumentative, pemikiran, konsep, gagasan, dan solusi intelektual.

Pengertian Lembaga Dakwah Kampus
Lembaga Dakwah Kampus (LDK) adalah sebuah organisasi kemahasiswaan intra kampus yang terdapat di tiap-tiap perguruan tinggi di Indonesia. Organisasi ini bergerak dengan Islam sebagai asasnya. Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia pasti mempunyai LDK. Tiap-tiap perguruan tinggi, nama LDK bisa berbeda-beda. Kadang mereka menyebut dirinya sebagai Sie Kerohanian Islam, Forum Studi Islam, Lembaga Dakwah Kampus, Badan Kerohanian Islam, dan sebagainya.

Urgensi Dakwah Kampus
Disaat seperti sekarang, dimana peran kampus begitu diperlukan dan ditunggu kontribusinya bagi dinamika politik dan sosial, maka memastikan di tiap kampus ada dakwah adalah sebuah kemestian. Karena diyakini bahwa tidak ada satupun ideology yang mampu membawa masyarakat pada kebaikan hakiki kecuali Islam. Dan oleh karena komunitas yang lahir dan bergerak dari kampus sering memiliki peran signifikan pada proses pembangunan masyarakat, maka Dakwah Kampus harus tumbuh subur di setiap kampus.

Ketinggian taraf berfikirlah yang membuat masyarakat bisa tumbuh dan bergerak. Sementara kampus sering menjadi pusat kelahiran berbagai konsep dan pemikiran. Atau paling tidak setiap konsep dan pemikiran sering mencari konfirmasi dari kalangan kampus sebelum akhirnya beredar di masyarakat untuk menjadi konsumsi publik.

Manfaat Dakwah Kampus
Ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat oleh mereka yang terlibat dalam kegiatan dakwah kampus:
1- Pemahaman Islam yang sistematis
2- Pengalaman dakwah yang berkesan yang terus terkenang sepanjang hayat
3- Kemampuan komunikasi, baik lisan maupun tulisan
4- Keterampilan me-manage sebuah kegiatan
5- Kemahiran dalam melakukan setting forum
6- Kepiawaian dalam bersosialisasi dengan orang banyak sehingga bisa memahami berbagai karakter orang
7- Kekayaan jaringan yang berguna pasca perkuliahan, baik untuk urusan pekerjaan, rumah tangga, dll

Zamroni Ahmad
(Mantan Ketua Harian Masjid Ibnu Sina, DKM UNPAD Bandung)

0 comments:

Post a Comment