.

..

Friday, December 5, 2008

Ulama Deobandi Menggalang Dana untuk Khilafah Usmani

Artikel ini adalah kutipan dari sebuah buku yang berjudul Pan-Islamism: Indian Muslims, the Ottomans and Britain (1877-1924) yang ditulis oleh Azmi Ozcan. Buku itu menunjukkan bagaimana Ulama Deobandi memberikan bantuan keuangan yang sangat besar bagi Khilafah Usmani dalam peperangan melawan Russia tahun 1877. Hal ini menunjukkan komitmen dan dukungan atas Ulama Deobandi kepada Khilafah.


InshAllah kami berdoa bahwa para ulama di seluruh dunia pada saat ini menjadi pekerja-pekerja yang utama bagi pendirian Khilafah karena merekalah orang-orang yang berilmu dan para pewaris para nabi.

“Catatan Resmi Usmani, Defter-i Iane-i Hindiyye, yang dikompilasi secara khusus dan diserahkan atas pemeriksaan yang dilakukan oleh Abdulhamid, menunjukkan informasi yang bernilai mengenai organisasi-organisasi dan individu-individu yang aktif dalam menggalang para pelanggan bagi pemberian dana.

Catatan itu menunjukkan bahwa kaum muslim India telah membentuk banyak kelompok masyarakat untuk tujuan meringankan beban Khilafah Usmani. Pada umumnya mereka memiliki nama Anjuman-i Islam (yang merupakan nama yang paling umum), the Anjuman-iTeeyyid-i Turkiye, (Masyarakat untuk Membantu Turki), dan Meclis-i Mueyyid-i Islamiyya, (Majlis Bantuan Islam). Juga, lembaga-lembaga pendidikan agama, khususnya Daru’l-Ulum Deoband, yang paling banyak terlibat dalam usaha semacam ini. Paraq staf dan pelajar dari Sekolah Agama Deobandi tidak hanya mereka sendiri saja yang melibatkan diri tapi juga mengajak orang lain dan mengorganisir pengumpulan dana itu. Dokumen-dokumen Usmani seringkali menyebut usaha-usaha moulvis Muhammad Qasim (1833-1877), Muhammed Refi ud-Din, Muhammed Yaqub (wafat tahun 1886), dan Muhammad Abid diantaranya pengajarnya (mudarrisun) dari Daru’l-Ulum Deoband.”
(halaman 69-70 buku “Pan-Islamism” oleh Azmi Ozcan)

0 comments:

Post a Comment