.

..

Wednesday, October 22, 2008

POLITIK HITAM

Sungguh sangat miris melihat aktivis kampus rusuh(kompas,16 okt 2008)seperti terjadi beberapa waktu lalu di kampus unand 15 oktober 2008 dalam acara bedah visi dan misi calon walikota padang yang diadakan BEM universitas andalas. Kerusuhan yang berujung bentrok fisik antara beberapa pihak BEM FH dan BEM U di ruang seminar tersebut dipicu ketidak puasan BEM fakultas hukum atas acara tersebut karena ditenggarai terdapat unsur kampanye yaitu adanya pemilih dan penyampaian visi dan misi seperti diungkapkan Donal Fariz (Presiden BEM fakultas hukum). Menurut Donal....
yang mengacu pada Pasal 1 ayat 23 UU no. 32 tahun 2004 junto UU no. 12 th 2008, Kegiatan bedah visi dan misi tersebut sudah termasuk bagian dari kampanya sedangkan pasal 78 (i) UU no. 32 th 2004, jelas ada pelarangan lokasi kampanya di rumah ibadah dan iunstitusi pendidikan, kampus undan adalah institusi pendidikan. Katanya. Dilain pihak, penyelenggara bedah visi dan misi berpandangan bahwasannya acara tersebut sudah mengantongi izin dari pihak-pihak yang bersangkutan. Sehingga mereka tidak merasa bersalah atas penyelenggaraannya.

Cerminan idiologi kapitalis dan "si anak haram" demokrasi
Kasus ketidaknyamanan para mahasiswa tentang adanya nuansa kampanye di areal kampus sebenarnya sudah lama terasa, jauh sebelum insiden diatas, insiden serupa juga terasa pada saat pemilihan gubernur sumbar tahun 2005. saat itu kampus juga diadakan bedah visi dan misi cagub, sehingga saat itu setiap acara yang diadakan oleh BEM U yang berbau politik, dikesankan sebagai sebuah kampanye, karena 2 dan 3 periode ini terkesan pengurus BEM tercap sebagai kader partai tertentu, yang selalu mengusung atau minimal fokus kepada tujuan-tujuan partai induk mereka.

tapi apa salahnya? secara faktual politik dikesankan sebagai merebut kekuasaan, sehingga setiap kegiatan yang berbau politik tidak jauh dari kursi kekuasaan, janji tongkosong, bermanis muka, rajin ke masyarakat, pokoknya orang paling baik di dunia. setelah itu. peduli amat!!!. haqul yakin janji mereka tidak satupun direalisasikan, bahkan ketempat orang miskin yang dikunjungi sebelumnya pun tidak pernah mereka kunjungi lagi.. (dasar utilitarianisme). sehingga wajar masyarakat dan mahasiswa yang pinter akan muak dengan praktek-praktek politik badut seperti yang ditontonkan selama ini, dan wajar mereka membentengi masjid mereka, kampus hijau mereka dari praktek-praktek demikian.

kembali ke politik islam
sesungguhnya masyarakat telah termakan dengan ide-ide politik demokrasi yang diasuh oleh ideologi kapitalisme, dimana politik diartikan kekuasaan. sedangkan dalam islam politik adalah su'unul ummah yakni mengatur urusan ummah, para anggota parpol dididik memiliki rasa mengayomi, tampa melihat apakah proses melayani ummat tersebut akan di beri imbalan atau tidak, politik yang terlanjur dianggap najis, sekarang akan dicoba dibersihkan dengan menyebarnya kader-kader politisi ikhlas yang terjun ke masyarakat menyebarkan ide dan metode islam dalam berpolitik. sehingga diharapkan masyarakat faham bagaimana fakta politik di komunitas demokrat dlm bingkai kapitalisme layaknya indonesia dan kemudian dibandingkan dengan ide dan metode yang jelas yang ditawarkan islam yakni ide islam dengan metode khilafah dengan khalifah sebagai pemimpinya. pada saat itulah kampus dan masjid merupakan tempat yang mulia untuk berpolitik. allahuakbar by: ex ketum gp unand

7 comments:

  1. Assalamualaikum.Sahabatku kita diajarkan untuk tidak saling menyakiti sesama muslim.mengutip pernyataan - pernyataan diatas lebih mengarah kepada penusukan memakai kata-kata,berdarah?memang tidak namun secara dalam telah menyakiti hati,merusak fikiran dan menimbulkan fitnah.Dan fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan.
    Darisalah satu sisi dasar-dasar yang diungkapkan diatas Anda hanya mengambil dari Normative value.Namun sama sekali anda kurang menguasai masalah hukum beserta perangkatnya.Anda mengakui bahwa hukum Indonesia adalah hukum Toghut,namun dasar - dasar yang anda ambil terparsialkan oleh pendapat anda.Jadi jangan berujar bila tidak tepat dsar dan tidak ahli diidagny.Yang paling menyedihkan Masih ada kelompok muslim terjebak dalam ranah pragmatis"saling menghujat".Tertawalah para setan yang menggerogoti salah satu kelompok muslim yang bangga untuk menciptakan negara islam.Wallahu'alam bishawab.

    By:M Rizqi Azmi
    MENDAGRI BEM KM Unand
    ditunggu Silaturahminya di Sekre Perjuangan BEM KM UNAND.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum.Sahabatku kita diajarkan untuk tidak saling menyakiti sesama muslim.mengutip pernyataan - pernyataan diatas lebih mengarah kepada penusukan memakai kata-kata,berdarah?memang tidak namun secara dalam telah menyakiti hati,merusak fikiran dan menimbulkan fitnah.Dan fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan.
    wa’alaikumsallam. basically, bukan untuk menyakiti individu, namun tidak lebih dari menyerang ide-ide yg salah dalam benak muslim/mahasiswa, kalopun kemudian tlisan diatas dienterpretasikan menyerang individu, saya minta maaf.


    Darisalah satu sisi dasar-dasar yang diungkapkan diatas Anda hanya mengambil dari Normative value. Namun sama sekali anda kurang menguasai masalah hukum beserta perangkatnya.Anda mengakui bahwa hukum Indonesia adalah hukum Toghut,namun dasar - dasar yang anda ambil terparsialkan oleh pendapat anda.
    oya…? maaf, kalo saya baru hanya mengatahui bahwa islam dibangun atas dasar aqidah islam. emang kita beda? dan system sekarang dibangun atas aqidah secular. Kalo menurut anda kedua dasar tersebut bukan dasar hukum Indonesia, lalu apa? walimahan?

    Mengenai perangkat hukum Indonesia sudah jelas dan malas menpostingkannya disini(selain ga pernah konsisten, bahkan ga problem solving). Bagaimana dengan Hukum islam, allhamdulillah sudah ada, dan perangkat hokum islam itu baik hardware dan softwarenya sudah lengkap/ready to use. Bab per bab, Pasal-perpasal,penjelasan perpasal, struktur pemerintahan, politik luar negeri, pol. Dlm negeri, system persanksian, system uqubat, metode pembuktian terbalik dlm kasus curang/korupsi, POLSOSEKHUKHANKAM-lah. Ntar tak postingkan rincian lengkapnya.


    Yang paling menyedihkan Masih ada kelompok muslim terjebak dalam ranah pragmatis"saling menghujat"...
    bukan menghujat, tetapi mengingatkan bahwa perpolitikan harus islami, islami disini bukan diartikan sekedar jika rapat baca assalamu’alaikum, dan akhi/ukhti serta jenggotan. namun seluruhnya, kalo ga biasa, tinggalkan dan Gigit akar pohon

    Tertawalah para setan yang menggerogoti salah satu kelompok muslim yang bangga untuk menciptakan negara islam.Wallahu'alam bishawab.
    setan-nya asoy geboy dan salah menggerogoti, kenapa? Karena satu kelompok muslim itu bukan untuk menciptakan Negara islam, (salah faham tuh setan kayakna ato ga bias baca!! Hari gini ga bias baca?!? :(( )


    mengenai silaturahmi ke sekre perjuangan BEM KM unand?
    insyaallah. kami akan datang. Kalo jadi mungkin yang ke 4 kalinya kami kesana..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. ternyata banyak kaum muslimin tidak bisa berpikir jernih, sebagai seorang muslim kita bisa memberikan kritikan / komentar namun nihil dalam memberikan solusinya... (seperti pernyataan anonim diatas yg ga' brani membuka profilnya/coward). Maju terus pejuang syari'ah dimanapun organisasi kamu, dan jangan pecah belah kaum muslimin, waspadai antek2 asing yg berevolusi dg berbagai cara baik didunia nyata dan dunia maya (seperti blog). Sesungguhnya makar Allah lebih baik.... ya rabb help my qiyadah, amin..

    ReplyDelete
  5. Stopping by again...
    For me, for brothers from bem km unand, gp, teroris o7; for all of us:
    USTADZ al-Banna rahimahullah mengatakan: "Sikap kita terhadap berbagai organisasi Islam manapun, berdiri di atas landasan cinta dan persaudaraan, ta'awun dan loyal.
    "Kami mencintainya dan bekerja sama dengannya. Kami berusaha mendekatkan berbagai pendapat, sepakat di atas perbedaan pemikiran hingga kebenaran dapat menang di bawah naungan sikap saling ta'awun dan cinta.
    "Perbedaan pendapat dalam fiqih, juga perselisihan madzhab tidak memisahkan antara kami dan mereka. Sesungguhnya agama Allah itu mudah. Dan tidak ada yang terlalu memperberat masalah
    agama kecuali ia akan dikalahkan olehnya.
    "Allah swt. telah menunjukkan kami satu khittah ideal agar kami memenangkan kebenaran secara lembut, simpatik, dan diterima oleh akal. Kami yakin bahwa kelak akan datang suatu masa, di mana semua nama, julukan, kelompok, perbedaan-perbedaan teoritis, seluruhnya diganti oleh kesatuan amal yang menghimpun semua barisan pasukan Muhammad. Semuanya adalah saudara sesama muslim, yang berjuang demi agama, dan berjihad di jalan Allah.
    Well, I just found and read it in an article @ eramuslim.com (this is the link:http://eramuslim.com/manhaj-dakwah/sikap-ikhwan-terhadap-umat.htm ). After reading, I felt bad. I just kind of say: “o Alloh, I’ve done an useless thing”. Therefore, I would like to say that I’m sorry for my posting @ our blog (fsiekonomi.multiply.com). Hope u guys (n gals) would like to forgive me.
    Nb: well, terus terang aq rasa rada gak fair kalo admin gp bilang bhw komentator yang anonymous dll tu coward. Yg aq tau komentator yg lain jg banyak pake nickname. Sama aja kan dgn anonymous? Sama2 gak kasi valid id. Kecuali beberapa sprt sodara thirdsilver yg nyertain blog addressnya. Suatu upaya validasi kan? Dan yg lain, sprt aq misalny.  Well the point is; u cannot judge other people if u urself could be categorized as ones who r also guilty n therefore could be judged as coward too. Tp it doesn’t matter sih kebijakan admin blog gp ini. It’s small thing. Aq cuma kasi masukan aja. Could be right. Could be wrong.

    Oya, assalamu’alaykum.
    [one of admins of fsiekonomi.multiply.com; romel panarta @ readinglife.multiply.com]

    ReplyDelete
  6. @admin fsi UA:
    wlkmslm, hendaklah semua gerakan Islam menyadari bahwa Khilafah (pemerintahan Islam) adalah semata-mata Khilafah Islamiyah, bukan Khilafah milik golongan/gerakan tertentu, baik Hizbut Tahrir, Ikhwanul Muslimin, Jama'ah Tabligh, Jama'ah Islamiyah, dan lain-lain. Juga perlu disepakati bahwa Khalifah yang dibai'at oleh umat merupakan Imam (pemimpin) bagi kaum Muslimin seluruhnya dan dialah yang mewakili umat dalam melaksanakan Hukum Syara' serta mengembangkan da'wah Islam ke seluruh penjuru dunia dengan jalan jihad, itulah suatu masa tersebut.

    Bagi kami bahwa gerakan dakwah harus mempunyai pemikiran (fikroh) islam dakwah yang jelas, serta mempunyai metode (thariqah) menerapkan pemikiran tersebut, dan tak lupa mengkaitkan antara pemikiran dan metode tersebut (sebagai contoh --pernah disampaikan-- legislasi qishas o’ siapa? Dlm sistem khilafah jawabanya//Jihad offensive dikomandoi o’ negara bangsa ato khilafah? Tentu islam mengajarkan bahwa khilafah institusinya//muslim pria yg tidak shalat jumat gimana menghukumnya? Hukuman orng murtad, makar, tidak pake helm, cukai dlm islam? Hukum pesawat terbang/produk barat? Tentu kita telah membahasnya, tidak Cuma itu, juga telah kami jelaskan kondisi dan strategi saat khilafah al-muslimin tersebut berdiri.

    Berdasarkan hal ini kami mengajak dan menyeru anda:
    1. Kita selalu terikat dengan Islam yang telah didatangkan melalui Rasulullah saw, dimana kita berjalan dengan Islam dan berpegang teguh dengan Islam sebagaimana yang dijalani dan dipegang teguh oleh para sahabat Rasulullah saw –yang semoga Allah meridhai mereka-.
    2. Kita mengetahui bahwa sahabat-sahabat Rasulullah adalah golongan terbaik umat Islam. Kita mencintai mereka dan mendoakan kepada Allah agar mereka memperoleh keridhaan. Kita tidak akan terjun dalam perkara-perkara khilafiyah yang terjadi antar mereka. Malahan kita memohon kepada Allah agar mengampuni mereka, juga mengampuni kita, dan agar Allah mengumpulkan kita seluruhnya dengan para nabi, para shidiqin, para syuhada, para shalihin, dan merekalah teman-teman yang baik. Ingatlah, manusia itu akan dikumpulkan bersama orang yang dicintainya.
    3. Tidak boleh saling mengkafirkan diantara kita selama kita beriman kepada akidah Islam sebagaimana yang datang di dalam Kitab Allah Swt dan hadits Rasulullah saw.
    4. Agar kita berusaha secara sungguh-sungguh untuk melanjutkan kehidupan Islam di muka bumi melalui pendirian negara Khilafah ar-Rasyidah yang bersandar pada metode kenabian, yang dengan berdirinya Khilafah maka Islam dan kaum Muslim akan mulia, dan kekufuran serta orang-orang kafir akan terhina.
    5. Tidak menjadikan para penguasa yang tidak menjalankan hukum sesuai dengan apa yang diturunkan Allah sebagai wali. Kita tidak akan memata-matai (aktivis Islam) untuk mereka, tidak akan menelantarkan para aktivis Islam dan tidak akan menyerahkan mereka kepada para thaghut yang zhalim.
    6. Kita sebagaimana yang diperintahkan Allah Swt dan Rasulullah saw adalah orang-orang yang bersikap keras/tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi berlaku lemah lembut diantara kita. Janganlah bersikap sebaliknya, keras terhadap sesama muslim dan berlemah lembut dengan orang-orang kafir.
    7. Bertakwa kepada Allah (dalam hal ucapan dan perbuatan) terhadap sesama muslim, dan janganlah kita melontarkan kebohongan tentang sesama kita. Sebab, kebohongan itu adalah tindakan kriminal yang besar di dalam Islam, dan ikatannya sangatlah rapuh, dan hal itu akan menghitamkankan wajah- wajah pelakunya di dunia dan akhirat.
    8. Kita harus bertakbir secara bersama-sama dengan satu suara mengatasi kesombongan para thaghut kafir dan antek-anteknya dari para penguasa zhalim. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar…
    9. Kita harus saling berjanji untuk menjadi saudara di jalan Allah; tidak menjadikan orang-orang kafir itu wali, tidak menjadikan orang-orang zhalim dan penguasa yang menjalankan hukum dengan undang-undang buatan manusia itu wali. Dan kita harus mem-buang orang-orang yang dengki terhadap Islam dari kita, yang menjadikan orang-orang zhalim sebagai wali, yang memata-matai kaum Muslim; dan kita tinggikan suara sekali lagi atas setiap orang yang berbuat sewenang-wenang dan angkuh dengan mengucapkan Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.
    10. Kita harus saling berjanji untuk meninggikan panji Islam dan meninggikan kalimat al-haq secara bersama-sama, dan kita injak dengan telapak kaki kita pemikiran-pemikiran kufur dan akidahnya; dan kita kumandangkan kemuliaan Islam dan para pemeluknya, serta kehinaan kekufuran beserta para pengikut-nya.

    Tentang coword ?: : Oo saya rasa anda salah faham, saya pernah baca komentar tanggal , Sabtu, 2008 Desember di atas. pengecut tersebut adalah berkaitan dg blog yang dia promosikan/link-an, kalo pks watch yg pernah saya kunjungi terlihat jelas bahwa penulis dan administratornya mencantumkan organisasi dan nama nya, istilahnya ‘pemikiran yg bertanggungjawab”

    ReplyDelete
  7. Ketika Rasulullah Saw. menantang berbagai keyakinan bathil dan pemikiran rusak kaum musyrikin Mekkah dengan Islam, Beliau dan para Sahabat ra. menghadapi kesukaran dari tangan-tangan kuffar. Tapi Beliau menjalani berbagai kesulitan itu dengan keteguhan dan meneruskan pekerjaannya.

    ReplyDelete