.

..

Wednesday, August 6, 2008

11 Langkah Menyulap Blogspot Menjadi Visitor Friendly Blog

Assalamu'alaikum bicara tentang nge-blog dengan mesin blogspot kita dapatkan adanya 3 orang masternya (versi aku siyh) dan menjadi tempat bertanya bagi yang bagi pemula.yaitu mas Abi bakar, mr. O-om, dan mr. Fatih Syuhud berikut salah satu postingan yang penting bagi para bloger yang saya sadur dari mas abi bakar yaitu:
(afwan mas, ane copypaste)
Setelah rekan-rekan mengoptimalkan blogspot dengan Seo Untuk Blogspot kenapa tidak sekalian mengoptimalkan blogspot agar menjadi Visitor friendly blog? Tentu jika blogspot anda mempunyai sejumlah pengunjung rutin maka ada baiknya membuat mereka merasa disambut dan nyaman, yaitu dengan menyediakan sejumlah fitur. Berikut ini adalah fitur-fitur yang bisa anda gunakan untuk menyulap Blogspot rekan menjadi visitor friendly blog atau blog yang ramah pengunjung.

1. Mempunyai related topic disetiap posting:

fitur ini bertindak untu menahan pengunjung anda agar tidak langsung pergi, yaitu dengan menyuguhkan daftar artikel dibawah posting yang mempunyai kategori sama dengan artikel yang ia sedang/sudah baca. Jika belum mengetahui cara memasangnya silahkan ke: Membuat related topic diblogspot.

2. Mempunyai kolom komentar tepat dibawah posting seperti kolom komentar Wordpress: dengan begini pengunjung anda tidak susah-susah membuka popup window. Untuk blogger beta/layout caranya silahkan ke: Membuat kolom komentar dibawah posting blogspot. Dan untuk blogger classic/klasik silahkan ke: Format komentar diblogspot klasik.

3. Memasang Poll/angket: fitur ini dapat anda manfaatkan untuk memberi kesempatan pengunjung memilih sejumlah pilihan yang anda buat, misalkan anda ingin blog ini membahas apa?..1. tutorial blog 2. tips bisnis dll. Dengan begini anda mengetahui tema apa yang di inginkan pengunjung. Untuk membuatnya silahkan menuju page element dan add poll. Jika anda menggunakan blogspot klasik, coba googling dengan keyword:”free poll” atau bisa langsung ke bravenet.com anda register untuk mendapatkan poll dan modelnya pun bagus.

4. Pasang aksesoris seperti Jam, waktu Shalat dan lainnya: walaupun ini terkesan remeh namun pada faktanya fitur seperti ini dapat membuat blog anda ramah terhadap pengunjung. Mas Fatihsyuhud telah mengumpulkan daftar aksesoris blog lengkap yang dapat mempercantik blogspot anda silahkan ke: Aksesoris blog.

5. Pasang social bookmark ditiap posting: jika pengunjung blog anda ialah para social bookmarker maka ada baiknya memudahkan mereka untuk mensubmit konten anda ke layanan social bookmark seperti digg, stumbleupon dll, lalu maka kenapa tidak membantu mereka? Silahkan ke memasang barisan social bookmark.

6. Memasang star ratings: fitur ini menurut saya seru karena membolehkan pengunjung untuk memberi nilai terhadap posting anda dengan mengklik deretan bintang. Maka silahkan ke: Star rating diblogspot.

7. Membersihkan tampilan muka blogspot anda: Jika dibagian bawah setiap posting anda terdapat social bookmark, feedburner dan button2x lainnya, tentu akan membuat tampilan muka blogspot anda menjadi keramaian. Lalu kenapa tidak disembunyikan saja dari tampilan muka? Dengan begitu button2x tersebut baru akan tampak/muncul setelah visitor anda mengklik salah satu judulnya. Jika ingin menyembunyikannya, silahkan ke: Menyembunyikan aksesoris blogger dihalaman muka.

8. Mempunyai popular post/posting yang paling populer: Hal ini selain membuat blogspot anda ramah juga akan memperbanyak jumlah klik diblogspot anda, untuk mengetahui caranya, Agus Ramadhani atau O-Om.com telah membuat tutorialnya, silahkan ke: Membuat top post diblogspot.

9. Mempunyai unpopular post: fitur ini kebalikan dari fitur popular post, jika popular post menampilkan posting-posting yang populer diblogspot anda, maka fitur ini menampilkan daftar posting yang tidak populer. Ini sangat bagus karena posting anda tidak terkubur kedalam arsip, untuk mengetahui cara masangnya silahkan kunjungi blog teman saya Mxy di: Unpopular Post List.

10. Membuat daftar pemberi komentar terbanyak: Widget ini akan menampilkan daftar nama komentator diblogspot anda, namun bedanya widget ini memberi backlink kepada para komentator. Dengan kata lain anda memberi ucapan terima kasih kepada para komentator yang telah meluangkan waktu untuk komen. Untuk memasangnya, silahkan ke: Top komentator list widget.

11. Pasang recent komentar/komentar terbaru: Ini bermanfaat untuk mengikuti jalannya diskusi disalah satu posting anda, untuk memasangnya kang Rohman telah membuatkan tutorialnya di: memasang recent komentar diblogspot.

Tambahan: Pasang juga imoticon didalam posting anda, agar posting lebih seru dibaca oleh pengunjung, cara pasangnya silahkan ke: Emoticon didalam posting blogspot.

Ke 11 cara diatas ialah usaha agar blog blogspot anda ramah terhadap pengunjung, blog tidak ubahnya seperti rumah dan anda adalah tuan. Jika desain dan aksesoris rumah anda ramah terhadap tamu, maka tentulah sang tamu akan betah berlama-lama dilamanya. Karena mereka merasa disambut dan dilayani. Begitupun sebuah blog, sebagai tuan rumah tentulah anda ingin tamu anda tersenyum saat mereka pergi. Bukan begitu?

Semoga bermanfaat.
from: Abi Bakar
modif by: Thirdsilver

2 comments:

  1. whuuus. mas abi mampir kesini...
    whooi blogger dia ne masternya blogger lho! dia tuh awal kenal pas doi masih make blogspot. karena soal apa ya?!/! pindah yg komersial [bahasa aneh]

    btw. senang bersua dengan mas abi
    sering2 mampir. ane ingat salah satu postingan dia tentang nge-blg harus focus dengan satu maksud(topik).
    ...well... ane setuju bngt tuh! :D

    ReplyDelete